Wiskul di Bogor

Pulang ngantor kemarin, saya menenteng sebuah majalah wanita yang memuat informasi wisata kuliner di daerah Bogor dan setelah dilihat-lihat ternyata hampir semuanya pernah saya coba he he he … (dasar gembul !!!) mulai dari Macaroni Panggang, Pia Apple Pie, Kedai Kita, Ayam Gepuk Eco Raos, Bogor Permai, Baso Seseupan, Kafe Liebde, Resto Gumati….etc etc. Tapi setelah selesai mengintip artikelnya, ternyata masih banyak tempat makan enak yang belum dimasukan ke dalam buklet tersebut loh…

 

o0(^_^)0o  Wiskul yuk ahhh……

 

Sedikit contekan rute wiskul :

MP alias Makaroni Panggang (jl. sanggabuana, deket taman kencana) menunya ya makaroni panggang gitu, dari ukurannya yang small sampe large. Jam 7 pagi dah buka kok, bisa buat sarapan, kecuali yang menu komplit ya. Kalo dateng biasanya abis pesen menu langsung dikasih pangsit kecil segelas plus sambelnya buat isi perut sambil nunggu. Truss..ada nasi goreng sampe nasi timbel, bubur menado, steak, pisang gulung, salad buah n salad sayur sampe tiramisu…jus strawberinya enak, fresh… Kalo pesen cappuchino rum, jangan lupa pesen gulanya dikurangin karena jadinya terlalu manis… terakhir pas makan di sana ada pepes ayam/ikan mas/ jamur. Pepes jamurnya (yang dicoba malem itu) pepes bumbu kuning, dikasih mayonaise, agak aneh sih karena jadi terlalu manis buat pepes, tapi kalu mau nyoba, ya monggo ajalah kan lidahnya beda2, siapa tau malah doyan lagi.

 

Apple Pie (Jl. pangrango masih deket2 Taman Kencana juga, sodaraan sama MP karena yang punya sama) menunya apple pie, ada yang asin (daging) dan yang apel (manis banget), strawberry pie, ada nasgor juga tapi pilihannya gak banyak, ada salad, cream soup…biasanya sih orang suka beli apple pienya doang buat oleh2 karena makan di situ kurang ngenyangin (porsi orang gembul !!!) dan tempatnya juga agak sempit. Kalo mau makan agak kenyang bisa pindah ke sebelahnya (Kafe Liebde) atau nyebrang ke depannya (Kedai Kita).

 

Kafe Liebde (tetangga apple pie sebelah kanan) Kafe ala Belanda dengan menu campuran, ada Chinese food tapi ada juga steak (yang laennya belom nyoba).

 

Kedai Kita (masih tetangganya apple pie juga, pas di seberangnya) Chinese food, hot plate noodle, pizza, mie mie an deh. Pizza fruitnya cukup enak buat camilan sambil ngobrol di salah satu pendoponya.

 

Warung Taman Kencana (persis di pojok Taman Kencana, sebrang silang sama MP) Menunya chinese food, somay, nasgor, pempek…setiap malam sabtu n malem minggu ada penyanyi live. Makanannya lumayan cuman kalo tempatnya sekarang dah gak terlalu enak, karena too crowed sama abg apalagi kalo weekend.

 

Sate Pak Haji Taman Kencana (ya di deket Taman Kencana lah, persis di depan pintu masuk eks kampus FKH IPB). Menunya sate ayam/kambing, sop dan gulai. Yang ngetop sate nya lah, cuman nasi putihnya gak terlalu enak di sini, kering dan keras. Jadi kalo pesen sate, enakan pake lontong aja. Kalo pesen gulai baru pake nasinya gitu. Jusnya enak, itu kalo pak Haji atau anaknya yang bikin. Kalau yang bikin pelayannya pasti ada aja yang kurang. Gue tau karena dulu ampir tiap hari  makan di sini…dah agak imun sama satenya.

 

Warung Tenda Ayam Bakar Taman Kencana. Menunya ya apalagi kalau bukan ayam bakar, ayamnya diungkep sampai bumbunya meresap banget, cukup enak buat yang suka menu yang agak manis rasanya.

 

Kofe Pot/ Colonial (masih deket Taman Kencana, di depan lapangan sempur deh). Ini tempat ngopi di Bogor ala Starbucks, kopinya sih kata gua mah masih biasa aja, kue-kuenya juga so..so lah, cuman kalo mau nongkrong agak lamaan sembari ada yang diobrolin lumayan, sambil ngeliatin angkot yang lewat di depannya hehehe Starbucknya sendiri ada di Botani square (mall baru di depan tugu).

 

Baso Pak Jaja (di Sempur, dibawah jalan tanjakan sempur, depan lapangan persis). Dari Colonial itu tinggal turun ke bawah, jalan kaki aja kalau mau ngebakso. Menunya ya bakso lah. Bisa pesen pake bihun/kwetiau yamin, bihun/kwetiaunya dipisah sama basonya alias yamin.

 

Bogor Permai (Jl. Jenderal Sudirman, arah ke air Mancur). Satu set: restoran, bakeri, minimarket. Chinese food dan menu makanan biasa, yang beken sih rotinya sama kue-kue jajanan pasarnya. Semua enak kok. Bakerinya buka dari jem 6 pagi, untuk beberapa menu bisa dipesan untuk sarapan (biasanya pesen lontong capgomeh sih kalau pagi).

 

Mie Bangka Boper

Warten di parkiran Bogor permai, bukanya sore. Menunya mie bangka dan nasi tim, es campur/es buah (yang kalo dibungkus jadi porsi ngamuk saking banyaknya). Kalo kata gue, mienya sih biasa aja (masih enakan mie medan di benteng kali) tapi ini termasuk warung tenda yang rame loh. Laen lidah laen selera euy.

 

Soto Lamongan Boper (Tetanggaan sama mie bangka boper, sebelahan). Menunya soto ayam sama rawon. Bukanya sama sama sore, jam 7 biasanya sih rawonnya dah abis. Doyan sotonya sih. Kelebihannya, penjualnya ramah banget n rame jadi kalau makan di situ kae nonton ketoprak live show hehehehe.

 

Warten Bonex Boper (Masih termasuk trio warten tetanggaan di boper). Seafood, chinese food, ampe pecel lele/ayam, always crowded everyday, malah kalo weekend kudu ngantri buat dapetin tempat duduk deh. Minggu kemaren gue kepaksa batal makan disitu karena penuh banget n mau ngantri gak mungkin karena ujan, jadi cepet2 pergi deh, hikzz…Kepiting saos padangnya nyamnyam… appetizernya biasanya pesen kerang darah rebus dulu, dicelupin ke sambelnya cepcepcep…..sembari nunggu menu utama dateng. Jangan lupa pilih tendanya yang di depan jangan yang di belakang, karena biarpun tendanya keliatan ngegabung tapi kalo pesen makananan rasanya beda.

 

Martabak Air Mancur. Yah martabak gitu deh, what else i can say…doyannya martabak keju campur nangka…nyam

 

Warten Air Mancur (lupa namanya tapi apal tendanya). Kalau doyan sate kikil, ada salah satu warten masih satu jalan sama martabak tea yang sate kikilnya enak deh (empuk, bersih, disirem bumbu kacang), ada soto, gulai ma bubur, empal, ayam goreng bumbu.

 

Sop & sate kambing Padjajaran (deket restoran Menara, jl. Padjajaran arah ke Tajur di sebelah kanan jalan). Gak apal namanya soalnya sekarang banyak banget tempat makan yang muncul di deretan jalan itu sekarang. Tempatnya sih kaya kedai bambu gitu. Sate kambingnya disajikan di hotplate, empuk deh, gulainya juga enak banget, gurih.

 

Ayam Gepuk Eco Raos. Menu spesialnya ayam gepuknya itu, ayam dibumbu kuning sampe empuk. Ada juga ayam remuk tulangnya, tapi enakan ayam gepuknya. Ada jamur krepes, mendoan mutiara, tahu goreng, sambelnya ayamnya spicy (cabe jawa), oseng toge sama kangkungnya juga spicy  (spicy lada), oseng daun pepaya. Lebih enak makan di sana pas anget dengan sambalnya yang belom tertandingi sampe sekarang pedesnya.

 

Ayam Geprek (di Bantarjati). Saingannya ayam gepuk, tapi untuk ayamnya masih enakan ayam gepuk. Menu laennya kaya jamur krepes sama oseng toge nya enakan di sini. Sambelnya katanya enakan di sini, tapi pas kemaren dateng gak kebagian alias dah keabisan sambelnya, alhasil cuman dikasih saos doang. So tunggu minggu ini, kalo gak nanti sore besok gue baru mau ke sana hehehe nanti gue review ulang deh ;p

 

Kedai Mbak Par (Warten di belakang pangrango plaza persis). Enaknya ke situ pas lucnh time at office hour, soale makanannya masih fresh, kalo malem udah pilihannya ta banyak…pokoke tidak seenak kalo makan siang hari deh. Di sini sop buntutnya enak, pepes ayamnya juga enak, menu laen, menu makanan harian aja…masakan rumahan yang cukup ngangenin sekarang karena susah ke sana siang-siang kalau sudah hari kerja kan. 

 

Kantin Malabar (Kantin mungil di jalan Malabar). Menunya juga masakan rumah yang ngangenin seperti menu di warung tendanya Mbak Par deh hmmm……

 

Warten Sederhana (di depan Taman Makan Pahlawan, Bondongan). Aneka lauk berbumbu yang akan digoreng sesuai dengan pilihan kita, dari ayam, empal, gepuk, hati, usus, ceker, tempe tahu, sate udang, cumi, jeroan, dll. Disajikan dengan nasi putih hangat atau nasi uduk yang diberi bawang goreng plus sekeranjang lalapan yang dimakan dengan sambel goreng yang sudah disajikan di mejanya. Semangkuk sayur asem juga akan diantarkan ke meja sesuai dengan pesanan anda. Sedaaaapp….

 

 

* * * * * * *

 

Ayooo….. siapa yang mau ikut ?

7 thoughts on “Wiskul di Bogor

  1. @ kucingkeren: sama-sama….(seneng deh kalo dapet temen gembul) hehehe

    @ Tito: Much more produktif daripada ngoceh di sofa To wkwkwkwk….
    Tinggal jalan dari taman kemaren tuh To ke Pak Haji mah, susun jadwal lagi aja, cuma yakinkan jangan terlalu sore kayak kemaren kalo pada mau dateng ya, ngasih taunya juga jangan dadakan dung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s